Lompat ke isi utama

Berita

Gandeng PPDI, Bawaslu Sekadau harapkan peran aktif penyandang disabilitas

Bawaslu Kabupaten Sekadau - Lakukan pertemuan dengan para penyandang disabilitas di Kabupaten Sekadau, Bawaslu Kabupaten Sekadau menggelar Rakor Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Penyandang Disabilitas menjelang Pemilu Tahun 2024 di Aula Hotel Vinca Borneo Sekadau, (24/7/23).

Dalam kesempatan ini Bawaslu Kabupaten Sekadau mengundang Bpk. Hawad Sriyanto (Anggota Bawaslu Kalimantan Barat periode 2018 - 2023) sebagai Narasumber langsung serta ketua PPDI Kabupaten Sekadau, kegiatan ini dihadiri oleh anggota PPDI yang ada di Kabupaten Sekadau.

Dengan dilakukannya kegiatan ini Bawaslu Sekadau harapkan para penyandang disabilitas di Kabupaten Sekadau mau berperan aktif menyuarakan keluh kesah terkait keberlangsungan Pemilu di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sekadau.

Pada pertemuan ini para penyandang disabilitas menyampaikan harapan serta saran terkait berlangsungnya Pemilu selama ini, yang diantaranya sebagai berikut:

1. Pencoklitan kemarin tidak ada keterangan berapa jumlah disabilitas yang ada di TPS atau Desa setempat sehingga rawan terjadi tidak terakomodirnya para penyandang disabilitas pada saat hari pemilihan;

2. Banyak TPS yang tidak ramah untuk disabilitas;

3. Kedepan harapannya Bisa memilih secara nyaman dengan adanya TPS yang dikhususkan untuk disabilitas.

Bawaslu mendorong turut sertanya para penyandang disabilitas untuk menjadi penyelenggara di semua tingkatan karena tidak ada perbedaan, semuanya bersetatus sama yaitu Warga Negara Indonesia, dan setiap WNI sudah diatur haknya didalam Undang - undang yang berlaku. (Adm)