Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas

Rabu pagi, Bawaslu Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan bersama sahabat - sahabat penyandang diaabilitas, yang ada di Kabupaten Sekadau, (23/6/2022).
Kegiatan ini juga mengundang para stakeholder terkait, diantaranya adalah KPU, Kesbangpol, Dinas Sosial, serta Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI DPC Sekadau). 
Bertempat di Aula Hotel Vinca Borneo, kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 
Dalam menyambut Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 Bawaslu berpesan agar kita semua terus meningkatkan kualitas Pemilu. 
"untuk meningkatkan kualitas pemilu, kita harus memperkuat solidaritas antar lembaga bahkan kepada semua masyarakat termasuk kelompok Disabilitas didalamnya" Kata Soleh (Ketua Bawaslu Sekadau). 
Kelompok disabilitas ini sangat penting dalam setiap perhelatan pesta demokrasi termasuk pada Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang. 
"Pentingnya pemilih Disabilitas karena memiliki hak yang sama, tidak ada pembedaan dengan siapapun, serta dalam Pemilu ini kelompok Disabilitas sangat didorong untuk terlibat dalam Pemilu seperti menjadi Penyelenggara pemilu, sosialisasi terkait pemilu, ataupun peserta pemilu" pungkas Saban (Ketua KPU Sekadau). 
Seperti yang dikatakan oleh perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten Sekadau betapa pentingnya kita berperan dalan pesta demokrasi ini. 
"Pengurus dan Pemimpin dinegara ini adalah buah dari partisipasi pemilih dari kita, jadi kita harus memberikan kontribusi untuk membangun dearah kita sendiri dengan cara memilih sesuai kehendak masing - masing, jadi teman - teman diaabilitas harus memilih jangan sampai golput" ujar Hermanto.
Dinas Sosial: Acung Yulius Plt. Kadis Dinsos Kabupaten Sekadau juga berpesan kenapa teman - teman disabilitas sangat penting memiliki identitas by name by address. 
"Dalam segala hal - hal penting data by name by address (KK dan KTP) sangat diperlukan selain sebagai syarat untuk memilih juga syarat utama jika ada berbagai bantuan kepada Disabilitas" kata yulius. (Red).