Lompat ke isi utama

Berita

Peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu Pilkada 2020

Peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu Pilkada 2020

Bawaslu luncurkan Indeks Kerawanan Pemilu Pilkada 2020, di Jakarta, Selasa (25/2/2020).Acara tersebut dibuka langsung oleh wakil Presiden RI Bapak KH. Ma'ruf Amin .

Bawaslu Kab.Sekadau dalam hal ini diwakili oleh kordiv Pencegahan dan Hubungan antar lembaga Tiodorus Sutet yang mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Bawaslu pusat tersebut.

Menurut Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, definisi indeks kerawanan dalam laporan tersebut merujuk pada semua hal yang dapat mengganggu dan menghambat pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020.

Afif juga menjelaskan ukuran yang digunakan Bawaslu dalam hal menentukan IKP yaitu dimensi sosial dan politik, konteks pemilu yang bebas dan adil, kontestasi, serta partisipasi pemilih.

Kabupaten Sekadau dalam menghadapi pilkada 2020 ini dalam rilis IKP Bawaslu RI masuk dlam tingkat kerawanan sedang, sangat mungkin akan adanya pelanggaran yang dapat menghambat proses demokrasi ini berjalan dengan baik.

Untuk itu Sutet saat ditanya tentang solusi yang bisa meminimalisir konflik dalam pilkada Kab.Sekadau 2020 adalah dengan pendekatan terhadap tokoh Agama, tokoh masyarakat serta tokoh adat serta elemen masyarakat yang ada untuk bersama ikut mensukseskn Pilkada Kab.Sekadau 2020, "karena tugas untuk mensukseskan pemilu berjalan dengan baik bukan tugas Bawaslu semata melainkan tugas kita bersama" ujar Sutet

"Kita berkomitmen akan cegah dan awasi pilkada Kab.Sekadau ini agar proses demokrasi bisa berjalan dengan baik sesuai dengan asas pemilu" tutupnya.

#BawasluKalbarUnggul
#IndeksKerawananPemilu
#Bawaslu #SalamAwas
#CegahAwasiTindak
#BawasluTerbuka
#BawasluTerpercaya